oleh

Kodim 0420 Sarko Buka Akses Jalan Desa Paling Terisolir di Merangin

Dandim saat meninjau akses jalan menuju Desa Air Liki dan Air Liki Baru

Pariwarajambi.com – Kodim 0420 Sarko akan membuka akses jalan ke Desa Air Liki dan Air Liki Baru, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin.

Terkait realisasi membuka akses transportasi ke dua Desa terpencil di Tabir Barat itu, Kodim 0420 Sarko bersama pihak terkait sudah dua kali turun ke Desa Air Liki dan Air Liki Baru.

Baca juga: Ibuk Rumah Tangga Warga Nalo Gedang Merangin Ditemukan Gantung Diri

Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diasyah Lubis mengatakan akses ke Desa Air Liki dan Air Liki Baru sangat perlu dibuka, ini mengingat dua desa tersebut sangat jauh dari pusat ibu kota Kabupaten.

Untuk menuju Desa Air Liki dan Air Liki Baru saat ini harus menggunakan moda transportasi kendaraan roda empat dari pusat ibu kota kabupaten ke Desa Ngaol, lalu dilanjutkan transportasi air dan terakhir disambung dengan kendaraan roda dua.

“Desa ini merupakan desa yang tergolong jauh dan terpencil dengan jarak tempuh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Merangin dengan menggunakan kendaraan roda empat, seteh itu disambung dengan perahu bermesin dari Ngaol, setelah beberapa waktu naik perahu bermesin dilanjutkan lagi dengan kendaraan roda dua untuk sampai ke desa,” kata Dandim.

Baca juga: Sidak ke SMA TT, Al Haris: Seharusnya Sekolah Kebanggan, Namun Masih Jauh Dari yang Diharapkan

Dandim melanjutkan kunjungannya ke Air Liki kali ini untuk memastikan teknis pelaksanaan, seperti pembangunan jembatan, jumlah gorong-gorong di sepanjang jalan yang akan dikerjakan.

“Nantinya proses pengerjaan jalan ini akan dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat melalui gotong royong,” jelas Dandim.

Total jalan yang akan dibuka dengan pengerasan menghubungkan dua desa ini sepanjang 19 Kilometer, lebar jalan 4,8 meter dan akan di bangun sebanyak 19 jembatan.

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Segera Reformasi dan Revitalisasi SMA Titian Teras

“Plus gorong-gorong sebagai aliran air sungai dari perbukitan menuju sungai besar yang menjadi muara dari aliran-aliran sungai kecil, sehingga tidak adanya endapan air di bahu jalan,” ujarnya.

Kegiatan pembukaan jalan, disebut Dandim dilakukan melalui kegiatan kemanunggalan TNI Kodim 0420/Sarko berupa program karya bakti.

“Ini merupakan kepedulian TNI untuk masyarakat, melalui Kodim 0420/Sarko mewujudkan impian warga desa terpencil, sehingga akan terjadi pemerataan pembangunan di desa-desa yang tergolong terpencil, pada puncaknya akan meningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.(*)

Editor Riky Serampas

Komentar

News Feed