oleh

5 Pemain Indonesia Akan Gabung dengan Klub Luar Negeri

Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) melakukan selebrasi usai membobol gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Babak Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Pariwarajambi.com – Lima pemain Timnas Indonesia ramai diberitakan layak berkarier di klub luar negeri. Ini tidak terlepas dari penampilan apik Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan membawa berkah tersendiri bagi para pemainnya.

Dengan berakhirnya Piala AFF 2020, penggawa Timnas Indonesia dikembalikan ke klub masing-masing, di mana mayoritas kembali ke Tanah Air dan bermain untuk klub-klub Liga 1.

Hanya saja, kembalinya beberapa pemain berbakat di Piala AFF 2020 ke Liga 1 seakan tak direstui oleh para penikmat sepak bola Tanah Air yang meminta mereka untuk berkarier di luar Indonesia.

Baca juga: 10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia: Jambi Nomor 4

Bak gayung bersambut, beberapa penggawa Timnas Indonesia jebolan Piala AFF 2020 mengakui bahwa mereka ingin berkarier di luar negeri.

Bahkan beberapa pemain ramai diberitakan akan segera meninggalkan kompetisi sepak bola Indonesia untuk bermain di klub luar negeri.

Setidaknya, ada lima pemain Timnas Indonesia jebolan Piala AFF 2020 yang namanya santer dilaporkan akan segera hijrah dan menimba ilmu di negeri orang.

Baca juga: 419 Jamaah RI Berangkat Umroh ke Tanah Suci, Perdana Semenjak Pandemi

1. Pratama Arhan

Pemain muda terbaik Piala AFF 2020, Pratama Arhan menjadi pemain yang paling mencuri perhatian dan paling didukung untuk berkarier di luar negeri.

Bahkan dukungan ditunjukkan oleh petinggi PSIS Semarang, Yoyok Sukawi yang menyebut tak akan melepas Pratama Arhan ke klub Liga 1, namun akan melepasnya jika ke luar negeri.

Karena penampilan cemerlangnya di Piala AFF 2020, Pratama Arhan pun menjadi pemain yang paling dirumorkan akan segera menyusul pemain Indonesia lainnya di luar negeri. Tak tanggung-tanggung, disebutkan ada klub dari Eropa, Korea Selatan dan klub Asia Tenggara yang berminat memboyongnya.

2. Ramai Rumakiek

Pemain muda lainnya yang mencuri perhatian adalah Ramai Rumakiek. Winger milik Persipura Jayapura ini menjadi salah satu penampil terbaik di Piala AFF 2020.

Baca juga: Kenang Jasa-jasa Tokoh Jambi, Al Haris Ziarah ke Makam Para Mantan Gubernur Jambi

Karena penampilannya itu, Ramai pun menjadi perbincangan di Tanah Air maupun di luar negeri, salah satunya dari Malaysia.

Menurut seorang pandit di Malaysia yakni Keesh Mat, ia berharap Ramai bisa bermain di Malaysia, yakni di Sabah FC yang diasuh oleh Ong Kim Swee yang dulunya merupakan mantan pelatih Harimau Malaya.

3. Ricky Kambuaya

Pemain asal Papua lainnya yang mencuri perhatian di Piala AFF 2020 adalah Ricky Kambuaya. Ia menjadi pemain yang tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia.

Kematangannya dan ketenangan dalam bermain yang didukung teknik di atas rata-rata membuatnya diyakini dilirik oleh klub-klub luar negeri.

Pemain berusia 25 tahun ini bahkan tak menutup pintu untuk berkarier di luar negeri dan berharap pelatih Shin Tae-yong mau membantunya untuk bermain di luar negeri.

4. Alfeandra Dewangga

Pemain muda PSIS Semarang lainnya yang mampu mencuri perhatian di Piala AFF 2020 adalah Alfeandra Dewangga.

Pemain yang bisa berposisi sebagai bek dan gelandang bertahan ini selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Kematangannya dan kegigihannya dalam bermain bahkan membuat namanya dilaporkan akan direkrut oleh tim kasta kedua Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

5. Rizky Ridho

Selain Alfeandra Dewangga, ada bek muda lainnya yang diyakini akan menjadi incaran klub-klub luar negeri. Pemain itu adalah Rizky Ridho.

Isu bahwa Rizky Ridho akan segera Abroad sendiri berkembang seiring beredarnya fotonya dengan Dusan Bogdanovic yang merupakan agennya.

Dusan Bogdanovic sendiri bukanlah agen sembarangan. Ia adalah agen yang menaungi beberapa pemain Indonesia di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.(*)

Editor Riky Serampas
Sumber Suara.com

Komentar

News Feed