oleh

Soal Jalur Batu Bara, Gubernur Jambi Al Haris Buat Tiga Planning

Foto istimewa
Pariwarajambi.com – Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan persoalan batu bara di Provinsi Jambi ini telah dipikirkannya. Bahkan, Al Haris telah membuat tiga planning untuk jalur khusus angkutan batu bara tersebut.

Ini dikatakan Gubernur Jambi, Al Haris usai memiampin rapat pembahasan persoalan angkutan batu bara di ruang Pola Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (13/12/2021).

“Memang ini soal lama, sekarang gubernur nya baru. Kita mulai dari nol lagi. Cara-nya apa? Saya sudah bikin tiga planning,” kata Al Haris.

Baca juga: IDI Datangi Ruang Kerja Kapolres Merangin

Al Haris mengatakan, untuk planning yang telah dibuatnya yakni, pertama ia masih mendorong dua pengusaha.

“Satu pengusaha yang memang pure pada bisnis. Dan satu lagi pengusaha jalan usaha tambang miliknya sendiri. Kalau seandainya macet dua pengusaha ini, ada planning ketiga,” sebutnya.

Al Haris menambahkan, saat ini ia juga telah meminta Dinas PU mengkaji dan membuat perencanaan untuk dimulai dari nol.

Baca juga: Sopir Batu Bara Demo di Kantor Gubernur Jambi

“Saya akan meminta pola KPBU yaitu kerjasama pemerintah dengan badan usaha dimana nanti yang bangun jalan itu dari BUMN, Pemprov Jambi nanti ngutang dengan BUMN dan dicicil nanti tiap bulan sesuai dengan hitung-hitungannya,” ujarnya.

Dikatakan Al Haris, jika telah terbangun, maka jalan yang saat ini dilalui akan ditutup. Kata dia, nantinya truk batu bara akan diminta untuk melalui jalur khusus batu bara dengan sistem pembayaran retribusi.

Baca: Merangin Sudah Punya Gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu

“Jalan sekarang ditutup, kita buka jalan yang dibangun untuk mereka lewat. Dan kita akan pakai retribusi yang kemudian itu kita gunakan untuk membayar hutang kita tadi,” imbuhnya.

Al Haris juga menyatakan bahwa, tiga planning yang diajukan itupun tidak bisa dilakukan secepatnya.

“Butuh waktu, sementara perut mereka perlu diisi. Dan itu yang harus kita diskusikan,” sebutnya.(*)

Editor Riky Serampas
Sumber Jambiseru.com

News Feed